INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Khasiat Biji Rambutan Sebagai Obat Kencing Manis


Manfaat Biji Rambutan

Siapa yang tidak kenal dengan Rambutan, buah yang berambut halus dengan warna merah kekuningan ini sudah tak absurd lagi di indonesia. rasanya yang anggun dan yummy yaitu salah satu ciri dari buah rambutan, tidak hanya itu sehabis di kaji lebih dalam oleh para pakar gizi ternyata biji dari buah rambutan ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan juga sanggup menyembuhkan beberapa pernyakit. simak selengkapnya artikel dibawah yang di kutip dari kesehatanpedia

buah rambutan (nephelium lappaceum) merupakan tumbuhan tropis yang tergolong dalam suku Sapincia Ceap atau lerak-lerakan. Tanaman ini berasal dari kepulauan Asia Tenggara yang banyak ditanam sebagai pohon buah atau sanggup kita temukan sebagai flora liar di luar jawa.

Rambutan mempunyai kandungan karbohidrat, lemak, protein, fosfor, besi, vitamin C serta kalsium. Kulit buahnya mengandung tannin serta saponin. Bijinya mengandung polifenol serta lemak, kulit batangnya mengandung tannin, flavonida, saponin, zat logam serta pectic substance. Sedangkan daun rambutan mengandung saponin serta tannin. Di dalam buah rambutan tersimpan khasiat sebagai obat yang tak terkualitas harganya. Menurut kajian hebat tumbuhan obat setiap 100 gram mengandung 69 kalori, 58 mg vitamin, serta 18,1 gram karbohidrat. Buah rambutan juga mempunyai kadar serat yang tidak mengecewakan tinggi, kurang lebih 2 gram per 100gram berat buah. Dengan tak sedikitnya kandungan di dalam rambutan, bakal sempurna bagi kesehatan serta bagi orang – orang yang tengah berdiet.

Kegunaaan Biji Rambutan

Biji buah rambutan sanggup juga dijadikan sebagai obat kencing manis. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh pakar gizi, Pram Pramono, bahwa ekstrak methanol pada biji rambutan mengandung senyawa falvonoid serta fenolik. Ekstrak methanol tersebut mengandung senyawa yang terdiri dari 5 fenolik (flavonoid) serta 1 fenolik bukan flavonoid. Kegunaaan dari ekstrak methanol tersebut mempunyai kegiatan hipoglikemik sehingga berpotensi menolong pasien yang mengidap diabetes. Tidak hanya itu biji rambutan juga dipercaya sanggup mengobati sakit pinggang.


Obat Herbal dari Biji Rambutan

  1. Siapkan 5 biji rambutan dari buah yang matang.
  2. Pisahkan biji dari daging buahnya, sehabis itu silahkan dibersihkan.
  3. Selanjutnya potong menjadi beberapa penggalan kecil-kecil dan sangrai dengan api sedang
  4. Setelah berubah warnanya menjadi kuning kecoklatan, matikan api lalu tiriskan di dalam wadah, biarkan hingga dingin.
  5. Selanjutnya blender atau tumbuk biji rambutan yang telah disangrai tersebut hingga mendapat tekstur yang lembut dan halus.
  6. Setelah itu, sedu debu biji rambutan dengan air panas, biarkan seduhan tersebut cuek dan air terpisah dari ampasnya.
  7. Minum seduhan tersebut 1-3 kali sehari, 30 menit sebelum makan. Dan apabila mengidap diabetes parah konsumsi lah setiap hari secara rutin.

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel